Tips cara mengemudi mobil yang baik dan benar




Belajar mengemudi harus sabar Sob,  jangan terlalu terburu-buru untuk langsung turun kejalan raya,
OKE :mrgreen:, kalau ga sabar takutnya kecelakaan :v

jangan pernah belajar mengemudi sendirian, inget yee!! hal ini dilakukan untuk mencegah kecelakaan karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman bagi pengemudi baru yang ingin belajar.
berikut tips cara mengemudi yang baik dan benar :

1. Posisikan kursi anda ke posisi yang nyaman, jangan lupa atur juga spion dan kaca tengah, kalo yang ada kamera belakang juga perlu mengatur brightness dan contrast agar bisa terlihat dengan jelas terutama di malam hari.

2. ingat posisi kopling/ perseneling (manual), rem, dan gas sehingga jika kita hendak menginjak rem tidak tertukar posisi ke gas,  Tau sendiri deh akibatnya kalau tertukar :mrgreen: hehehe

3. Jangan melepas kopling disaat anda sudah berhenti sampai anda benar-benar sudah menetralkan gigi atau memposisikannya  di nol, jika sudah diposisi nol baru anda boleh melepas koplingnya,
kalo nggak gimana? jangan dicoba - coba sob ntar mobilnya locat :mrgreen: hehehe

4. Biasakan selalu melihat spion di sisi kiri mobil untuk mengetahui adakah mobil yang ingin menyalip atau agar tidak terserempet oleh pengendara motor. Tapi ingat jangan terlalu terpaku dengan spion sehingga anda sendiri secara tidak sadar mengabaikan apa yang ada didepan.

5. Jika anda ingin mengenal lebih dalam lagi dengan cara kerja kopling dan gas, berarti anda harus sering latihan berjalan di tanjakan (khusus manual) ini ditujukan agar kita bisa berhenti lalu berjalan tanpa turun di posisi jalan yang curam.

6. Biasakan jaga jarak mobil dengan kendaraan yang didepan, ini sangat penting

7. Jika ingin belok, pindah jalur, nyalip biasakan untuk menyalakan lampu sein dan melihat spion terlebih dahulu gunanya untuk memberi tahu pengendara yang ada di belakang kita. Jika anda ragu untuk nyalip sebaiknya jangan dilakukan! ini faktor utama penyebab kecelakaan!

8.  Latihan memarkirkan mobil, berguna kalau - kalau ga ada tukang parkir

Sekian informasi yang saya berikan semoga berguna bagi anda. biggrin